Pekan Aspirasi Desa Sebagai Wujud Transparansi Informasi Desa

Pekan Aspirasi Desa Sebagai Wujud Transparansi Informasi Desa

 

Bima (SOLUD NTB). Solud NTB sebagai Simpul Jaringan Seknas FITRA bekerjasama dengan KOMPAK Indonesia yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bima, Kementerian Desa PDTT, Pemerintah Australia menggelar pekan aspirasi bersama BPD Penapali Kec. Woha Kab. Bima,  pada Senin (14/09/20) di desa setempat. Pekan aspirasi merupakan bagian dari implementasi tugas BPD sebagaimana yang diatur dalam Permendagri 110 tahun 2016 tentang tugas BPD dan Perda Kabupaten Bima nomor 1 tahun 2017, yakni menyerap, menampung dan menyampaikan aspirasi.

Kepala Desa Penapali Muhammad Tahir saat melepas dan membuka kegiatan ini mengatakan bahwa besar harapan kami melalui kegiatan ini bersama BPD agar mampu menyerap setiap aspirasi masyarakat melalui pekan aspirasi seperti ini, agar penjaringan aspirasi di masyarakat lebih optimal. Sebelum ini biasanya aspirasi itu diberikan oleh keterwakilan saja, padahal kebutuhan semua masyarakat tidak sama, makanya perlu ada penjaringan secara menyeluruh. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat desa akan lebih terbuka lagi dalam menyampaikan aspirasi untuk selalu mengontrol setiap pelaksanaan kegiatan desa, harapnya.

Feri Ferdian Ketua BPD Desa Penapali mengatakan selama ini proses menyerap aspirasi masyarakat oleh BPD belum berjalan maksimal. Dapat dilihat dari tidak adanya dokumen hasil penyerapan aspirasi masyarakat. BPD cenderung mendengarkan aspirasi masyarakat dari penyampaian lisan oleh masyarakat itu sendiri. Tanpa didokumentasikan dalam sebuah dokumen tertulis. Kegiatan ini merupakan cara BPD dalam menjalankan salah satu fungsinya yaitu menyerap dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Koordinator Program SOLUD NTB M. Qadafi Menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Sekolah Anggaran (SEKAR) yaitu Program Akuntabilitas Sosial untuk Mewujudkan Pemerintah Desa yang Transparan dan Partisipatif. Melalui wadah yang namanya TUNE (gentong air dari kerajinan tanah liat) masyarakat diajak untuk menyalurkan aspirasi secara tertulis. Output atau hasil dari penyerapan aspirasi tersebut akan dikelompokkan oleh BPD kedalam bidang-bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa, Pembangunan, Pembinaan dan Pemberdayaan Mayarakat Desa. Ini juga sebagai bahan input dalam penyusunan RPJMDes bagi Kepala Desa.

Kegiatan ini rencananya akan di laksanakan selama 4 hari, mulai tanggal 14 sampai 17 September 2020, di 3 Dusun yaitu Dusun Pena, Dusun Pali serta Dusun Kalibaru. (Solud).

perkumpulansolud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *